Sunday, December 12, 2010


Lembaga dakwah adalah sarana yang digunakan oleh kader untuk mencapai tujuan dakwah, selain itu lembaga dakwah juga akan berperan sebagai wajah dakwah di sebuah lingkungan. Tujuan besar dakwah adalah menjadikan Islam sebagai peradaban di dunia.  Inilah yang menjadi ending point dari apa yang dilakukan. Dikaitkan dengan dakwah kampus, dimana dakwah kampus berperan dalam mencerahkan  sebanyak-banyak objek dakwah agar mereka dapat menjadi bagian dari unsur perbaikan bangsa di masa yang akan datang. Untuk mencapai tujuan tersebut, sebuah lembaga dakwah di kampus perlu melakukan langkah kecil ( baby steps ) untuk mencapai visi besar dakwah. Langkah ini bisa disebut sebagai misi bagi lembaga dakwah dalam melakukan aktifitasnya.
Menebar pemikiran dan dakwah
Peran syiar disini sangat ditekankan dan juga merupakan peran utama bagi lembaga dakwah. Menebar pemikiran atau nilai Islam kepada seluruh objek dakwah. Adanya penebaran ini diharapkan dapat menjadi corong opini bagi objek dakwah. Sebuah keberhasilan besar bagi lembaga dakwah jika mampu menjadikan agenda syiar sebagai kesempatan untuk mentransformasi objek dakwah dari antipati à simpatisan à pendukung à kader.
Mengembangkan kemampuan SDM para kader dakwah
Peran utama selanjutnya dari sebuah lembaga dakwah adalah melakukan kaderisasi yang dengan tujuan mengembangkan potensi dari kader dakwah. Mengembangkan kader dakwah adalah bagian terpenting bagi lembaga dakwah, karena kader adalah aset terpenting bagi perputaran roda dakwah.
Pelembagaan yang profesional dan kompeten pada bidangnya
Setelah memiliki kader yang baik, maka kelembagaan yang sehat dan profesional adalah langkah yang perlu ditempuh. Sehat disini dimaksudkan adanya regenerasi kader yang berkelanjutan, sistem organisasi yang baik, serta peran pemimpin yang optimal. Nilai profesionalisme seperti etos kerja yang baik, dan kedisiplinan juga menjadi kebutuhan bagi lembaga dakwah untuk dipenuhi.
Menghimpun tokoh dan pakar yang siap memberikan kontribusi dan pemikiran, serta pengaruh bagim kepentingan dakwah
Dengan lembaga yang kuat, maka kita dapat mulai merangkul orang-orang berpengaruh baik itu dalam lingkungan objek dakwah ( kampus ) atau lingkungan luar kampus. Tokoh atau pakar berpengaruh di dalam kampus, seperti Presiden BEM, Ketua Himpunan, Rektor, Dekan dan Dosen. Untuk tokoh dan pakar yang berpengaruh di luar kampus seperti pejabat pemerintahan, ulama, dan pengusaha. Dengan adanya komunikasi dengan tokoh dan pakar ini, diharapkan mereka dapat mendukung keberjalanan dakwah sesuai dengan bidang mereka masing-masing.
Mencetak figur-figur yang kredibel
Saat lembaga dakwah sudah cukup kuat, maka sudah saatnya sebuah lembaga dakwah mampu mencetak secara mandiri tokoh dan pakar yang berasal dari internal lembaga dakwah yang diharapkan dapat mampu menjadi bagian dalam ekspansi dakwah. Dimana ketokohan kader dakwah akan membuat dakwah lebis luas diterima di masyarakat luas.
Penekan yang efektif bagi para pengambil kebijakan
Dengan kekuatan dari lembaga dakwah, serta kredibilitas yang didapat dari kepercayaan publik. Maka, lembaga dakwah dapat berperan sebagai penekan efektif bagi pengambil kebijakan, sebutlah sebuah production house meluncurkan film yang berbau pornografi, maka sebuah lembaga dakwah dapat menekan production house tersebut untuk membatalkan film tersebut. Gunakan social power yang lembaga dakwah miliki untuk bernegosiasi dengan pihak yang mengambil kebijakan terkait sebuah isu.
Pemerkuat basis sosial  
Basis sosial utama bagi lembaga dakwah kampus adalah civitas akademika di sebuah kampus. Dengan semakin kuatnya basis sosial pada sebuah lembaga dakwah, maka dukungan pasti akan mengalir kepada lembaga dakwah. Dukungan dapat dalam bentuk aspirasi, partisipasi, maupun sekedar mendukung secara moral. Basis sosial dapat dibangun dengan meraih semakin banyak kepercayaan dari objek dakwah.
Melayani, melindungi dan memberdayakan masyarakat
Peran lembaga dakwah sebagai sebagai khalifah bagi objek dakwahnya, dimana lembaga dakwah diharapkan mampu memberikan pelayanan optimal bagi objek dakwah agar merasakan kebermanfaatan dari lembaga dakwah yang ada.

No comments:

Total Pageviews