Monday, January 3, 2011

DUNIA TELIVISI ALAT EFEKTIF UNTUK MERUBAH NASIB RAKYAT DAN PERBAIKAN BANGSA



Siapa yang tidak ingin melihat Indonesia berubah. Berubah menjadi Negara yang cerdas, menjadi Negara yang benar-benar merdeka, serta menjadi bangsa yang besar yang memberikan pengaruh yang besar untuk perubahan dunia. Menjadi perbaikan peradaban dunia. Semua anak bangsa ini tentunya ingin menjadi seperti itu.

Namun ternyata untuk berubah itu tidak lah segampang membalikkan telapak tangan. Ternyata sulit untuk merubah bangsa ini. Perubahan yang dirasakan selama ini ternyata begitu banyak menghadapi tantangan. Perlu di evaluasi kembali, sejauh apa perubahan yang sudah terjadi di dalam bangsa ini. Apakah memang sudah berubah sesuia dengan yang diharapkan, atau sudah sampai tahap mana perubahan itu terjadi.

Konsep perubahan yang sedang dijalankan pemerintah memang harus dikaji ulang. Mulai dari keefektifannya, bahkan sampai secara teknis pelaksanaannyapun harus dikaji ulang. Perubahan itu memang harus merubah seluruh elemen. Elemen-elemen yang perubahannya belum sesuia dengan yang diharapakan itu yang harus kita rubah. Elemen-elemen yang sudah baik dan efektif perlu dipertahankan dan bila perlu ditingkatkan.

Yang menjadi problematika dalam perubahan bangsa ini dari yang saya amati, sepertinya ada kebingungan untuk merubahnya di mulai dari mana. Atau mana yang menjadi prioritas kita. Hal ini yang sering menjadi perdebatan ditingkat pemerintah yang setingkat DPR maupun DPRD lalu tentu berpengaruh terhadap pemerintah setingkat eksekutif.

Mengamati program-program yang telah dilaksanakan, ternyata rata-rata program yang dijalankan dirasakan belum efektif. Karena kenyataannya  terlalu banyak kepentingan yang diperubtkan.

Dalam teori perubahan social, perubahan itu dirubah dari perubahan paradigma yang akan kita rubah. Tentunya dari tujuan perubahan yang diharapkan tadi kita ingin merubah kondisi social masayarakat kita. Berarti diawal kita harus merubah paradigma masyarakat kita. Yang kita harus pikirkan bagaiman kita bisa mengajarkan kepada masyarakat tentang berpikir yang benar. Karena merubah cara berpikir seseorang ternyata tidak gampang.

Jadi tulisan saya ini kembali mengajak pemerintah kita mengutamakan perubahan yang satu ini. Kita harus memikirkan cara yang efektif untuk merubah ini. Jika kita tidak mampu merubah ini maka akan sulit merubah yang lainnya. Sering saya lihat upaya-upaya perubahan ini sebenarnya sudah ada upaya yang dilakukan baik lewat media massa, elektronik dan televise yang ternyata paling cepat memberi pengaruh terhadap memberikan pernah perubahan paradigma masyarakat.

Maka tak heran banyak petinggi politisi sekarang berebut untuk mengembangkan media televisi. Karena memang efek dari media ini yang paling cepat dan efektif menyentuh masyarakat.

Namun itulah kondisi dunia pertelevisian kita. Hanya bergerak di bidang kepentingan tokoh tertentu saja. Sulit melihat mana siaran televise yang benar-benar untuk memberikan kebaikan bagi perubahan masyarakat. Setiap saya melihat sutau siaran yang menyangkut kebijkan pemerintah selalu saja media begitu apik mempermainkan perannya untuk memberikan anlasis yang bisa membuat masyarakat bingung. Mana sebenarnya niat yang baik atau hanya kepentingan beberapa pihak saja.

Namun menurut pengamatan saya ternyata pemerintah belum secara maksimal memanfaatkan televisi sebagai alat yang mampu memberikan edukasi yang baik. Menurut saya banyak sekali program-program pemerintah yang tidak semuanya tersosialisasi dengan baik.

Dunia televisi memang alat yang efektif untuk memmulai perubahan itu.semua pikiran masyarakat bisa saja dirubah lewat alat ini. Tigal saja bagaimana kita bisa memang benar-benar memanfaatkan media ini untuk menuju perubahan Indonesia yang lebih baik.

Program-program siaran televise sekarang memang harus mempunyai tujuan perbaikan bangsa ini. Satu hal saya sangat senang ketika media televisi secara kompak menyiarkan kepada masyarakat luas untuk mendukung Timnas yang berlaga di kompetisi Piala AFF.

Televisi mampu mempengaruhi masyarakat untuk setia membela timnas kita. Begitu ada kesalahan begitu cepat televisi membantu mengevaluasi, sehingga secara tidak langsung rakyat kita bisa ikut mengontrol timnas kita.




Hal-hal ini lah yang perlu kita tingkatkan. Kedepan setiap isu yang menyangkut kepentingan rakyat maka televisi harus menjadi barisan terdepan untuk membimbing masyarakat agar ikut mengontrol peristiwa yang terjadi. Tapi yang menjadi catatan pentingan sebuah televisi memang benar-benar berada dipihak rakyat bukan dipihak pihak-pihak tertentu. 

1 comment:

UKMI AR-RAHMAN UNIMED said...

Assalamualaikum...

ini link blog ukmi yang baru...

mohon beri masukannya...

http://ukmislamarrahman.blogspot.com/

Humas

Total Pageviews