Monday, January 10, 2011

Menyadari Perubahan



Manusia dengan segala peradabannya akan terus mengalami perubahan perkembangan sepanjang adanya pengaruh-pengaruh yang akan datang dari luar maupun dari dalam diri manusia itu sendiri, hal itu merupakan suatu keadaan yang wajar dan alami.

Di dalam masyarakat yang sedang berkembang seperti sekarang ini, kebutuhan manusia akan semakin kompleks jika dibandingkan dengan kebutuhan manusia di zaman dahulu dimana manusia hanya membutuhkan makan dan tempat tinggal untuk kelangsungan hidup sendri dan keluarga. Dalam perkembangan selanjutnya semakin terasa bagi mereka bermacam-macam kebutuhan yang harus  mereka penuhi, seperti kebutuhan akan temapat tinggal, pakaian, pengetahuan dan ilmu serta jaminan hari tua dan lain sebbagainya.

Pada masa sekarang ini pekembangan pembangunan yang dilakukan dalam segala bidang, disamping telah dapat meningkatkan kesejahteraan warag masyarakat berpengaruh pada cara pandang masyarakat terhadap permecahan masalah yang timbul.

Demikian kenyataannya, manusia yang hidup memerlukan alat perlengkapan hidup, baik berupa kebutuha primer maupun kebutuhan skunder, dimana terhadapa alat-alat untuk memenuhi kebutuhan hidup ini manusia tidak senantiasa mampu membuatnya sendiri tetapi dapat diperolehnya dari orang yang pekerjaannya mengolah barang-barang yang diperlukan.

Pada konteks lainnya kadangkala manusia itu juga memiliki keterbatasan dana untuk memenuhi kebutuhannya hidupnya. Dengan kata lain untuk memenuhi kenutuhan manusia lainnya, mereka bergerak dan bertindak sebagai produsen, baik itu untuk perlatan produksi maupun berbagai macam keperluan lain yang secara langsung maupun tidak langsung berkaitan dengan profesi sebagai produsen kebutuhan untuk para konsumen.

Dalam masyarakat yang sedang membangun, berbagai lembaga yang telah ada dalam masyarakat itu tidak pernah berhenti baik dibidang ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun bidang yang sedang berlangsung di masyarakat.

Perkembangan berbagai lembaga tersebut disebabkan adanya suatu sifat dasar dari masyarakat yaitu senantiasa berubah dan dinamis., oleh karena jika perkembangan itu berhenti, berarti kegiatan pembangunan masyarakat itupun akan terlambat kemajuannya, sehingga dapat mengakibatkan timbulnya keadaan-keadaan yang mengarah terciptanya kehidupan masyarakat statis.

Perubahan sosial yang terjadi pada masa sekarang ini merupakan salah satu ciri dari masyarakat modern, dimana masyarakat secara cepat dan tanggap menilai dan kemudian menolak atau menerima suatu kondisi.

No comments:

Total Pageviews